Close Loop Marketing: Putting Customers in the Center of Our Heart
Selasa, 13 November 2018

Pada hari Jumat, 26 Oktober 2018 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara menyelenggarakan seminar dengan tema Close Loop Marketing: Putting Customers in the Center of Our Heart. Narasumber seminar adalah Ferdian Budiarto, Regional Commercial Analytics Manager Asia Pacific di Abbott Laboratories. Ferdian adalah alumni Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara Jurusan Manajemen angkatan 1999 dengan pengalaman kerja di perusahaan-perusahan mutlti nasional di Singapura seperti Nielsen, Sony, Bayer, dan Abbott.

Close Loop Marketing merupakan siklus berkelanjutan dimana perusahaan terus menerus menggunakan data dan insights untuk melakukan targeted engagement dengan pelanggannya. Close loop marketing dimulai dari data dan insights yang didapatkan melalui interaksi perusahaan dengan pelanggan yang diperoleh melalui berbagai touch points. Data dan insights tersebut kemudian digunakan oleh perusahaan untuk menciptakan kampanye pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan melalui berbagai media. Data dari hasil engagement terus menerus diolah dan dianalisis untuk mendapatkan insights yang kemudian digunakan untuk memperbaiki kampanye pemasaran berikutnya sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Seminar ini menjelaskan perbedaan antara data dan insights dimana data perlu diolah dan dianalisa sebelum menjadi insights, dan bagaimana insights membantu perusahaan dalam membuat kampanye pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan pelanggannya. Peserta seminar berasal dari mahasiswa sarjana dan pascasarjana, serta dosen-dosen yang berasal dari konsentrasi pemasaran. Para peserta terlihat antusias dan aktif dalam seminar. Pelaksanaan seminar ini juga memanfaatkan aplikasi sli.do dan Kahoot untuk sesi tanya jawab, sebagai contoh penggunaan teknologi sesuai dengan topik seminar nasional CMBS 2018 yang diadakan pada hari sebelumnya (Kamis, 25 Oktober 2018).

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018